Selasa, 17 Maret 2015

Tanda - Tanda Hari Kiamat (Tanda-tanda kecil) ----- (Edisi Lanjutan ) SELINGAN IV-----

Dalam Pembahasan sebelumnya sudah kita angkat beberapa tanda Kiamat yang Kecil, namun belum semua tanda kita angkat.
saat ini mari kita coba kaji kembali tanda-tanda lain yang sebelumnya belum kita angkat.

15 Tanda-Tanda Kiamat Kecil
 Tanda-tanda kecil datangnya hari kiamat (lanjutan)
(dalam : https://studipemikiranquranhadist.wordpress.com/2013/10/31/hadist-hadist-tentang-kiamat-sughra/)

(Image by : http://www.bingkaiberita.com/tanda-tanda-kiamat-menurut-agama-samawi/)

1). Wanita Berpakaian Tapi Hakikatnya Telanjang
1-Penaklukan Yerusalem.
Dari Auf bin Malik r.a. berkata, Rasulullah saw telah bersabda: "Aku menghitung 6 hal menjelang - hari kiamat." Baginda menyebutkan salah 1 di antaranya, yaitu penaklukan Yerusalem. "- Sahih Bukhari.
2-Zina merajalela.
"Dan tinggallah manusia2 yang buruk, yang seenaknya melakukan persetubuhan seperti himar (keledai). Maka pada zaman mereka inilah kiamat akan datang. "- Sahih Muslim.
Kalau kita baca di banyak media baik cetak maupun elektronik, apalagi di dunia maya, berita tentang perzinahan ini sudah tak terhitung lagi. Bahkan ketika anda sedang membaca artikel ini pun di luar sana sedang banyak terjadi perzinahan… .. Subhanallah!
3-Merajalelanya alat musik.
"Pada akhir zaman akan terjadi longsor, kerusuhan dan perubahan muka. "Ada yang bertanya kepada Rasulullah saw;" Wahai Rasulullah bilakah hal ini terjadi? "Beliau menjawab," Apabila telah merajalela bunyian (musik) dan penyanyi-penyanyi wanita "- Ibnu Majah.
Lihatlah di mana-mana, tanda yang satu ini begitu nyata. Setiap hari selalu ada program dan acara yang diwarnai dengan musik dan penyanyi wanita.
4-Menghias masjid & membanggakannya.
"Di antara tanda-tanda telah dekatnya kiamat ialah manusia bermegahan dalam mendirikan masjid" - Riwayat-Nasai.
5-Munculnya kekejian.
"Tidak akan datang kiamat sehingga banyak perbuatan dan perkataan keji, memutuskan hubungan silaturahim dan sikap yang buruk dalam bertetangga." - Riwayat Ahmad dan Hakim.
6-Banyak orang soleh meninggal dunia.
"Tidak akan datang hari kiamat sehingga Allah mengambil orang-orang yang baik & ahli agama di muka bumi, maka tidak ada yang tinggal padanya kecuali orang2 yang hina dan buruk yang tidak mengetahui yang ma’ruf dan tidak mengingkari kemungkaran" - Riwayat Ahmad.
7-Orang yang hina mendapat posisi terhormat.
"Di antara tanda semakin dekatnya kiamat ialah dunia akan dikuasai oleh Luka 'bin Luka' (orang yang bodoh dan hina). Maka orang yang paling baik ketika itu adalah orang yang beriman yang diapit oleh 2 orang mulia "- Riwayat Thabrani.
8-Mengucapkan salam kepada orang yang dikenalnya saja.
"Sesungguhnya di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah manusia tidak mau mengucapkan salam kepada orang lain kecuali yang dikenalnya saja." - Riwayat Ahmad.
9-Banyak wanita yang berpakaian tapi hakikatnya telanjang.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah lah.a. "Di antara tanda-tanda telah hari kiamat adalah akan muncul pakaian2 wanita & ketika mereka memakainya keadaannya seperti telanjang".
Yang ini sudah banyak banget di sekitar kita. Sepertinya mereka memakai baju, tapi transparan atau ketat sehingga menampakkan lekuk tubuh mereka. Sama seperti tidak berbapakain.
10-Bulan sabit terlihat besar.
"Di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah menggelembung (membesarnya) bulan sabit." - Riwayat Thabrani.
11-Banyak dusta dan tidak tepat dalam menyampaikan berita.
"Pada akhir zaman akan muncul pembohong2 besar yang datang kepadamu dengan membawa berita-berita yang belum pernah kamu dengar & belum pernah didengar oleh ayah kamu sebelumnya, karena itu jauhkanlah dirimu dari mereka agar mereka tidak menyesatkanmu & memfitnahmu" - Sahih Muslim.
Sudah jelas sekali tanda ini. Saat ini banyak sekali kebohongan di dunia ini, bahkan di  negeri ini. Lihatlah drama di persidangan kasus-kasus korupsi yang beberapa bulan lalu baru berlangsung.
12-Banyak saksi palsu & menyimpan kesaksian yang benar.
"Sesungguhnya sebelum datang nya hari kiamat akan banyak kesaksian palsu dan disembunyikan kesaksian yang benar." - Riwayat Ahmad.
13-Negara Arab menjadi padang rumput & sungai.
"Tidak akan datang hari kiamat sehingga negeri Arab kembali menjadi padang rumput dan sungai-sungai" - Sahih Muslim.
Apakah Negara Arab akan kembali menjadi padang rumput  seperti yang pernah di kisahkan dalam  The Mummy: Scorpion King?
14-Manusia mewarnai rambut di kepalanya dengan warna hitam agar terlihat muda.
"Pada akhir zaman akan muncul suatu kaum yang mencelupi rambut mereka dengan warna hitam seperti 'bulu merpati' yang mereka itu tidak akan mencium bau surga." - Sahih Abu Daud & Nasai.
Haaa .. Anda atau ayah, kakak, teman anda juga ada yang melakukan ini khan?
15-Munculnya gaya hidup mewah dan manja di kalangan umat Islam.
"Bila umatku berjalan dengan sombong dan yang memperlakukan mereka adalah putra-putri raja, putera-puteri Persia dan Romawi, maka orang yang paling buruk akan berkuasa terhadap orang yang paling baik (pilihannya)." - Riwayat Tarmizi, Sahih Abdullah ibnu Umar ra
Itu adalah tanda-tanda kiamat kecil yang disebutkan Nabi dalam berbagai kesempatan. Sedangkan hadis di bawah ini adalah tentang tanda-tanda kiamat besar ketika kiamat sudah begitu dekat.
Dari Hudzaifah bin Asid Al-Ghifari ra. berkata: "Datang kepada kami Rasulullah saw. dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: "Apa yang kamu perbincangkan?". Kami menjawab: "Kami sedang berbicara tentang hari kiamat". Lalu Nabi saw. bersabda: "Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya". Kemudian beliau menyebutkannya: "Asap, Dajjal, binatang, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam alaihissalam, Ya'juj dan Ma'juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia ke Padang Mahsyar mereka ". (HR Muslim).
- See more at: http://berkah2013.blogspot.com/2013/05/15-tanda-tanda-kiamat-kecil-sudah.html#sthash.vhF0k8xR.dpuf
  • Hadis tentang wanita yang berpakaian tetapi telanjang
3971 – حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلَاتٌ مَائِلَاتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لَا يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلَا يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا.

Artinya : ada dua macam penduduk neraka yang belum pernah ku lihat. Yaitu oarang-orang yang membawa cemeti seperti ekor sapi yang mereka gunakan untuk mencabuki manusia dan wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang, yang bergoyang dan membuat orang lain bergoyang, kepala mereka seperti punuk unta yang miring, mereka tidak masuk surga dan tidak mencium baunya, padahal bau surga itu bisa  dicium dari jarak perjalanan sekian dan sekian.[5]

Imam An-Nawawi (dalam syarah muslimnya) menyebtkan bahwa hadist ini merupakan salah satu mu’jizat nubuwat beliau. Dimana pada masa nabi saw dan para sahabat dua gambaran diatas belum terjadi. Dan dimasa imam An-Nawawi fenomena ini ternyata telah menjadi kenyataan yaitu sekitar 6 abad yang lalu.[6]

Sebenarnya fenomena wanita seperti ini bukan hanya milik manusia akhir zaman tetapi juga pada zaman jahiliyah dulu. Artinya fenomena para pelacur dan pezina yang mengumbarkan auratnya juga (meskipun tidak ditempat umum). Adalah hal yang pernah terjadi pada waktu itu. Fenomena wanita berpakain tetapi telanjang dan para algojo kejam juga pernah terjadi di Negara-Negara Barat (Romawi dan Yunani) dimana hal itu belum pernah disaksikan oleh Nabi saw. Hanyasaja riwayat diatas mengisyaratkan akan terjadi (pada umat Islam) di akhir zaman.[7]

Imam An-Nawawi memberikan keterangan yang beragam mengenai makna wanita-wanita yang berpakaian tetapi telanjang, yang bergoyang dan membuat oarang lain bergoyang.
  1. Mereka adalah wanita-wanita yang berpakain (menggunakan) ni’mat Alloh, namun telanjang (tidak menggunakan) dari berbuat syukur.
  2. Mereka adalah wanitayang berpakaiam namun tidak berperilaku taat dan tidak memperhatikan urusan akhirat.
  3. Menngenakan pakaian teapi tampak sebagian anggota badannya untuk menampakan kecantikannya. Mereka berpakaian tetapi telanjang.
  4. Mengenakan pakaian tipis yang maasih memperlihatkan warna kulitnya dan bentuk tubuhnya. Mereka ini berpakaian tetapi telanjang.
Sedangkan dalam memaknai yang bergoyang dan membuat orang lainjuga bergoyang dijelaskan oleh beliau dengan makna.
  1. Menyimpang dari ketaatan kepada Alloh dan keharusan menjaga kemaluan. Ia juga mendorong wanita lain untuk mmelakukan perbuatan seperti perbuatannya.
  2. Yaitu wanita yang memperindah gaya jalannya dan menggoyangkan bahu mereka.
  3. Wanita yang cenderung kepada laki-laki dan memikat atau menarik perhatian laki-laki dengan perhiasan, kecantikan dan keindahan anggota tubuh mereka.
Dalam kontekstualisasi hadis di atas pada zaman sekarang, gambaran yang paling mudah kita dapat adalah para foto model, selebritis, SPG, bintang film, artis dan bintang iklan. Mereka yang berprofesi diatas pada umumnya tergolong pada golongan wanita yang berpakain tetapi telanjang. Tetapi tidak semua, ada beberapa orang yang memang tidak tergolong dalam kategori tersebut. Begitu juga para remaja, ibu, mahasiswi. Banyak dari mereka yang sekarang terbawa arus zaman. Tuk para mahasiswi mereka memakai jilbab tetapi gaya pakain yang mereka gunakan menunjukan lekukan tubuh yang tentusaja dapat mengangu pikiran laki-laki.

2). Turis Membanjiri Masjid dan Rumah Ibadah

إنّ من أشراط الساعة أن تتّخذ المساجد طرقا

“sesungguhnya salah satu tanda kiamat adalah bila masjid-masjid dianggap sebagai jalanan”.[8]
Masjid adalah tempat beribadah orang Islam. Masjid seharusnya di jadikan tempat yang sakral, karena masjid adalah “Rumah Tuhan”. Namun dalam kenyataannya sekarang masjid dijadikan tempat wisata dan masjid kehilangan kesakralannya. Para turis kadang tidak memperhatiakn etika ataupun aturan yang seharusnya mereka mengerti. Mereka ketika masuk dalam masjid atau tempat ibadah Islam lain kebanyakan tidak memakai pakaiann yang layak (ketat, tidak pakai kerudung, mini, dll). Secara tidak langsung dengan sikap yang seperti itu membuat masjid kehilangan nilai rakralnya.

Keadaan sekarang yang sering ditemui adalah ketika masjid dibangun dengan arsitektur yang indah, ketika orang masuk ke dalam mereka yang pertama kali lakukan bukanlah solat sunnah tahiyyatul masjid tetapi mengambil kamera dan berpose di berbagai sudut masjid. Mereka terkagum-kagum pada para arsitek dan perancang gedung yang membuat desain sangat indah. Mereka kadang lupa bahwa semua itu atas kenikmatan yang telah Alloh berikan untuk menciptakan keindahan itu.

3). Dihalalkannya khamer 

78 – حَدَّثَنَا عِمْرَانُ بْنُ مَيْسَرَةَ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ عَنْ أَبِي التَّيَّاحِ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ  ….وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ ….

Diantara tanda-tanda kiamat adalah …(lalu beliau menyebutkan diantaranya).. dan di minumnya khamr..”[9]

Khamr pada saat zaman jahiliyah di daerah mekah menjadi minuman kegemaran. Tidak ada yang tak meminumnya. Bahkan ada sebagian orang ketika mandi mereka ada yang nggunakan air khamr untuk mandi. Dalam perta khamr adalah minuman wajib dihidangkan. Hingga Islam datang dan tahap demi tahap Islam mulai mengharamkan khamr ini. Karena lebih banyaknya mudzaratnya daripada khasiatnya. Seperti tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Maidah : 90-91).

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّمَا ٱلْخَمْرُ وَٱلْمَيْسِرُ وَٱلْأَنصَابُ وَٱلْأَزْلَٰمُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ ٱلشَّيْطَٰنِ فَٱجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ﴿٩٠﴾ إِنَّمَا يُرِيدُ ٱلشَّيْطَٰنُ أَن يُوقِعَ بَيْنَكُمُ ٱلْعَدَٰوَةَ وَٱلْبَغْضَآءَ فِى ٱلْخَمْرِ وَٱلْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِ وَعَنِ ٱلصَّلَوٰةِ فَهَلْ أَنتُم مُّنتَهُونَ ﴿٩١

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung. Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan salat, maka tidakkah kamu mau berhenti.(QS.Al-Maidah: 90-91).[10]

Itu adalah sekilas kisah orang dahulu tentang khamr, untuk zaman sekarang nabipun memberitahukan bahwa kelak khamr akan menjadi pilihan favorit banyak orang. Bahkan di akhir zaman (dan di zaman kita saat ini) bisa dipastikan bahwa meja-meja hiburan dan panggung-panggung pertunjukan dilengkapi dengan minuman haram ini.[11]zaman sekarang khususnya generasi muda Islam meminum khamr bukanlah perkara yang sulit. Khamr bisa didapatkan diwarung-warung pinggir jalan. Di televisi kita bisa lihat, sering diadakan razia khamr dan aparat yang berwenang dengan gampang menemukan khamr ditempat-tempat umum. Ini menunjukan bahwa jarak kita dengan kiamat sudah semakin dekat.

4). Hancurnya Umat Islam karena Perbuatan Mereka sendiri

5144 – حَدَّثَنَا أَبُو الرَّبِيعِ الْعَتَكِيُّ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ كِلَاهُمَا عَنْ حَمَّادِ بْنِ زَيْدٍ وَاللَّفْظُ لِقُتَيْبَةَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ أَيَّوبَ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ أَبِي أَسْمَاءَ عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ زَوَى لِي الْأَرْضَ فَرَأَيْتُ مَشَارِقَهَا وَمَغَارِبَهَا وَإِنَّ أُمَّتِي سَيَبْلُغُ مُلْكُهَا مَا زُوِيَ لِي مِنْهَا وَأُعْطِيتُ الْكَنْزَيْنِ الْأَحْمَرَ وَالْأَبْيَضَ وَإِنِّي سَأَلْتُ رَبِّي لِأُمَّتِي أَنْ لَا يُهْلِكَهَا بِسَنَةٍ عَامَّةٍ وَأَنْ لَا يُسَلِّطَ عَلَيْهِمْ عَدُوًّا مِنْ سِوَى أَنْفُسِهِمْ فَيَسْتَبِيحَ بَيْضَتَهُمْ وَإِنَّ رَبِّي قَالَ يَا مُحَمَّدُ إِنِّي إِذَا قَضَيْتُ قَضَاءً فَإِنَّهُ لَا يُرَدُّ وَإِنِّي أَعْطَيْتُكَ لِأُمَّتِكَ أَنْ لَا أُهْلِكَهُمْ بِسَنَةٍ عَامَّةٍ وَأَنْ لَا أُسَلِّطَ عَلَيْهِمْ عَدُوًّا مِنْ سِوَى أَنْفُسِهِمْ يَسْتَبِيحُ بَيْضَتَهُمْ وَلَوْ اجْتَمَعَ عَلَيْهِمْ مَنْ بِأَقْطَارِهَا أَوْ قَالَ مَنْ بَيْنَ أَقْطَارِهَا حَتَّى يَكُونَ بَعْضُهُمْ يُهْلِكُ بَعْضًا وَيَسْبِي بَعْضُهُمْ بَعْضًا

Artinya: sesungguhnya aku sudah memohom kepada Robbku untuk umatku. Janganlah Dia membinasakan mereka dengan paceklik yang merajalela, jangan menundukan mereka kepada musuh dari luar kelompok mereka yang menodai kedaulatan mereka. Sesungguhnya robbku berfirman: wahai muhammad sungguh jika Aku telah menetapkan suatu ketetapan, maka tidak bisa ditolak. Aku berikan kepadamu untuk umatmuagar mereka tidak dibinasakan oleh paceklik yang merajaleladan agar mereka tidak dikuasai oleh musuh dari luar mereka yang akanmenodai kedaulatan mereka, sekalipun musuh itu berkumpul dari seluruh penjuru dunia, kecuali jika dari sebagian dari mereka membinasakan sebagian yang lain dan mereka saling menawan satu sama lain.[12]

Kalau kita tengok sejarah Islam dalam pengembangan agama Islam pada masa Nabi dan sahabat, Islam lebih sering memenangkan peperangan itu walaupun Islam mempunyai jumlah, peralatan, fasilitas yang lebih sedikit dari pada musuhnya. Contohnya saja pada perang Badar, Perang Tabuk, Perang Khandak dll. Jumlah pasukan islam dengan lawannya lebih sedikit tetapi pasukan Islam mampu memenangkan perang itu.

Inilah janji Alloh swt kepada kaum muslimin, bahwa kemenangan bukan ditentukan oleh jumlah pasukan dan kecanggihan senjata, juga bukan karena banyaknya sarana dan lengkapnya fasilitas. Faktor keimanan dan kebersihan mental setiap pasukan serta keyakinan yang kuat akan datangnya pertolongan Alloh telah membuat mereka selalu pulang dengan kemenangan.[13]

Zaman sekarang adalah zaman yang berbeda dari dulu. Dimana pada zaman sekarang perlengkapan sudah memadai, jumlah pasuakn juga tidak kalah besar, tetapi kenapa kalau kita lihat berita di televisi Islam selalu dalam kekalahan dan keterpurukan. Mengapa ini berbeda dengan dulu yang pada saat dahulu keterbatasan malah mengantarkan Islam kepada kemenangan. zaman sekarang ada “musuh dalam selimut” dimana ada orang Ilam yang menjadi informan musuh, ada yang menjadi kaki tangannya, dan adapula yang menjadi budak setianya. Sebagian dari mereka bekerja karena tekanan, sebagian karena iming-iming dunia yang dijanjikan, sebagian ada yang karena kebenciannya kepada umat Islam, adapula yang hanya untuk bertahan hidup.[14]

Ada banyak contoh yang bisa diambil seperti terbunuhnya Presiden Pakistan yang Pro mujahidin, pembunuhan terhadap mujahid terbesar abad 20 (syeih Abdullah Azzam), dll. Semua itu karena ada umat islam yang berkhianat. Kekalahan umat Islam di Palestina juga tidak terlepas dari banyaknya orang Islam yang berkhianat, mereka bekerja sama dengan musuh Islam (Yahudi dan Nasrani).[15]


5). Pemutusan Tali Silaturahm

Artinya: sungguh menjelang terjadinya kiamat,… dan pemutusan silaturahmi.”[18]

Satu lagi tanda kiamat yang mungkin selama ini kita lalaikan yaitu tentang silaturahim. Kehidupan sosial mewajibkan kita untuk berbaik kepada orang lain dengan harapan orang lain juga melakukan hal yang sama. Silaturahmi tidak hanya untuk kepentingan saling membutuhkan tetapi ada juga sebagai memperkuat ukhuwah. Silaturahmi tidak hanya untuk orang yang kenal sama kita (lingkungan) lebih khusus kepada sanak saudara kita.

Pada era sekarang ini ini oarng silaturahmi hanya untuk “kepentingan materi”. Paham materialisme dan hedonisme telah merusak tujuan dari silaturahmi itu sendiri. Kebanyakan orang sekarang mereka bersilaturahmi hanya berlandaskan hubungan bisnis, politik, dan politik. Sifat egois mementingkan kepentingannya sendiri enggan untuk berbagi telah menjadi karakter yang mengakar pada banyak komunitas.[19]Banyak faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah kesempitan ekonomi, kapitalisme yang telah mewarnai setiap bagian dari ekonomi manusia dan bahkan ada juga karena masalah agama.

Banyak contoh yang bisa di ambil seperti permusuhan antara seseorang saudaranya bahkan orang tuanya sebab perebutan harta warisan, permusuhan dengan tetangga karena berebut perbatasan tanah, kerusuhan antar kelompok yang mempunyai pemahaman tentang agama juga turut meramaikan terjadinya pemutusan silaturahmi ini. Padahal dalam surat dan ayat-ayat Al-Quran telah di singgung untuk menjaga dan menjalin silaturahmi.
Seperti dalam Surat An-Nisa : 1

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمُ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَٰحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَآءً وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ٱلَّذِى تَسَآءَلُونَ بِهِۦ وَٱلْأَرْحَامَ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا ﴿١

Artinya: Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu (1).(QS. An-Nisa: 1)[20]

6). Ulama yang Diwafatkan terlebih Dahulu dan Maraknya Kebodohan 

98 – حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ أَبِي أُوَيْسٍ قَالَ حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ لَا يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنْ الْعِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَمَاءِ حَتَّى إِذَا لَمْ يُبْقِ عَالِمًا اتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالًا فَسُئِلُوا فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا قَالَ الْفِرَبْرِيُّ حَدَّثَنَا عَبَّاسٌ قَالَ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ هِشَامٍ نَحْوَهُ

Artinya :sesungguhnya Alloh tidak mengambil ilmu dengan mencabut para manusia, tetapi mengambil ilmu dengan mewafatkan para ulama. Sehingga ketika tidak ada lagi ulama, manusia menjadi orang-orang bodoh sebagai pemimpin. Merekapun di tanya lantas berfatwa tanpa ilmu, sehingga mereka sesat dan menyesatkan.[21]

Ulama adalah pewaris Nabi saw dalam hal pembimbingan umat kepada jalan yang Lurus, mengantarkan kepada jalan kebahagiaan, mengajarkan keluruhan akhlak adalah sebagian peran dan tugasnya. Ulama adalah dokternya orang muslim dalam penyembuhan penyembuhan penyakit hati. Ketika umat yang terdzolimi oleh aturan dan sistem buatan manusia maka ulamalah tempat curhat setelah Alloh. Ulama adalah pengobar semangat jihad ketika keterputus asaan melanda umat. Keberadaan ulama sangat urgen dalam perkembangan islam. Ulama bagaikan cahya yang menerangi perjalanan umat. Bagai bintang di malam hari. Keberaannya membuat umatnya terangkat derajatnya. Dan ketiadaannya membuat umatnya menjadi Hina.[22]

Ulama di Indonesia seperti Prof. Haji Malik Karim Amrullah (HAMKA), Prof Tengku KH. Hasbi Ash-Shidiqqi dan A. Hasan ketiganya telah wafat dan sampat sekarang ini belum ada ulama yang berani mengklaim bahwa dirinya setara dengan mereka dalam kemasyhuran dan ketinggian ilmunya. Dan masih banyak lagi para ulama yang sangat berpengaruh.

Akibat dari pewafatan para ulama ini adalah maraknya kebodohan dalam beragama. Orang “pintar” bukanlah orang yang menguasai teknologi modern, bukan yang menguasai iptek, budaya dan sains. Tetapi orang yang pintar adalah orang yang selalu bermuhasabah dan beramal untuk kepentingan hidup setelah mati.
Adapun orang “kurang pintar” dalam Al-Quran disebutkan dalam Surat Ar-Rum : 6-7

وَعْدَ ٱللَّهِ لَا يُخْلِفُ ٱللَّهُ وَعْدَهُۥ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ ﴿٦﴾  يَعْلَمُونَ ظَٰهِرًا مِّنَ ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا وَهُمْ عَنِ ٱلْءَاخِرَةِ هُمْ غَٰفِلُونَ ﴿٧

Artinya: (Itulah) janji Allah. Allah tidak akan menyalahi janji-Nya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. Mereka mengetahui yang lahir (tampak) dari kehidupan dunia; sedangkan terhadap (kehidupan) akhirat mereka lalai.(QS. Ar-Rum :6-7)[23]

Dalam ayat di atas di terangkan bahwa orang yang “kurang pintar” adalah mereka yang mengetahui berbagai persoalan duniawi seperti iptek, sains dan sebagainya tetapi mereka kurang mengetahui tentang urusan persoalan-persoalan akhirat. Dalam pandangan penulis orang pintar adalah orang yang mengetahui ilmu akhirat dan ilmu dunia itu secara seimbang.

Keadaan seperti ini membuat orang tidak punya pilihan lain selain mengangkat seseorang yang pintar dunia saja tetapi tidak berpengetahuan agama. Hal ini dapat menyebabkan praktik-praktik yang dapat menghancurkan kehidupan masyarkatnya, Seperti KKN. Kebodohan juga dapat menimbulkan peperangan, permusuhan, pembunuhan dan kerusakan moral baik individu ataupun bangsa.

7). Merajalelanya Riba
 
2269 – حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ ابْنُ عُلَيَّةَ حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ أَبِي هِنْدٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي خَيْرَةَ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لَا يَبْقَى مِنْهُمْ أَحَدٌ إِلَّا آكِلُ الرِّبَا فَمَنْ لَمْ يَأْكُلْ أَصَابَهُ مِنْ غُبَارِهِ

Artinya :benar-benar akan datang kepada manusia suatu zaman dimana dimana tidak ada seorang pun diantara mereka kecuali memakan harta riba. Sekiranya ia tidak memakannya, setidaknya ia terkena debunya.[24]

Riba adalah konsep ekonomi yang telah lama dipakai oleh orang-orang Yahudi. Yahudi beranggapan bahwa pinjaman berupa uang yang diputar dalam bentuk apapun haruslah dikenai bunga.[25] Pengertian ini tentu hanya bentuk akal-akalan saja sebab jika hutang tersebut digunakan untuk hal-hal produktif, maka perhitungan yang seharusnya adalah bagi hasil. Sedangkan jika digunakan untuk keperluan konsumtif adalah dasar ta’awun. Dalam ayat Al-Quran pun Alloh sangat mengecam tentang segala seuatu yang berhubungan dengan riba.
Disebutkan dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah :275

ٱلَّذِينَ يَأْكُلُونَ ٱلرِّبَوٰا۟ لَا يَقُومُونَ إِلَّا كَمَا يَقُومُ ٱلَّذِى يَتَخَبَّطُهُ ٱلشَّيْطَٰنُ مِنَ ٱلْمَسِّ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوٓا۟ إِنَّمَا ٱلْبَيْعُ مِثْلُ ٱلرِّبَوٰا۟ وَأَحَلَّ ٱللَّهُ ٱلْبَيْعَ وَحَرَّمَ ٱلرِّبَوٰا۟ فَمَن جَآءَهُۥ مَوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّهِۦ فَٱنتَهَىٰ فَلَهُۥ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُۥٓ إِلَى ٱللَّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُو۟لَٰٓئِكَ أَصْحَٰبُ ٱلنَّارِ هُمْ فِيهَا خَٰلِدُونَ ﴿٢٧٥

Artinya : Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (QS: Al-Baqarah Ayat: 275)

1-Penaklukan Yerusalem.
Dari Auf bin Malik r.a. berkata, Rasulullah saw telah bersabda: "Aku menghitung 6 hal menjelang - hari kiamat." Baginda menyebutkan salah 1 di antaranya, yaitu penaklukan Yerusalem. "- Sahih Bukhari.
2-Zina merajalela.
"Dan tinggallah manusia2 yang buruk, yang seenaknya melakukan persetubuhan seperti himar (keledai). Maka pada zaman mereka inilah kiamat akan datang. "- Sahih Muslim.
Kalau kita baca di banyak media baik cetak maupun elektronik, apalagi di dunia maya, berita tentang perzinahan ini sudah tak terhitung lagi. Bahkan ketika anda sedang membaca artikel ini pun di luar sana sedang banyak terjadi perzinahan… .. Subhanallah!
3-Merajalelanya alat musik.
"Pada akhir zaman akan terjadi longsor, kerusuhan dan perubahan muka. "Ada yang bertanya kepada Rasulullah saw;" Wahai Rasulullah bilakah hal ini terjadi? "Beliau menjawab," Apabila telah merajalela bunyian (musik) dan penyanyi-penyanyi wanita "- Ibnu Majah.
Lihatlah di mana-mana, tanda yang satu ini begitu nyata. Setiap hari selalu ada program dan acara yang diwarnai dengan musik dan penyanyi wanita.
4-Menghias masjid & membanggakannya.
"Di antara tanda-tanda telah dekatnya kiamat ialah manusia bermegahan dalam mendirikan masjid" - Riwayat-Nasai.
5-Munculnya kekejian.
"Tidak akan datang kiamat sehingga banyak perbuatan dan perkataan keji, memutuskan hubungan silaturahim dan sikap yang buruk dalam bertetangga." - Riwayat Ahmad dan Hakim.
6-Banyak orang soleh meninggal dunia.
"Tidak akan datang hari kiamat sehingga Allah mengambil orang-orang yang baik & ahli agama di muka bumi, maka tidak ada yang tinggal padanya kecuali orang2 yang hina dan buruk yang tidak mengetahui yang ma’ruf dan tidak mengingkari kemungkaran" - Riwayat Ahmad.
7-Orang yang hina mendapat posisi terhormat.
"Di antara tanda semakin dekatnya kiamat ialah dunia akan dikuasai oleh Luka 'bin Luka' (orang yang bodoh dan hina). Maka orang yang paling baik ketika itu adalah orang yang beriman yang diapit oleh 2 orang mulia "- Riwayat Thabrani.
8-Mengucapkan salam kepada orang yang dikenalnya saja.
"Sesungguhnya di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah manusia tidak mau mengucapkan salam kepada orang lain kecuali yang dikenalnya saja." - Riwayat Ahmad.
9-Banyak wanita yang berpakaian tapi hakikatnya telanjang.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah lah.a. "Di antara tanda-tanda telah hari kiamat adalah akan muncul pakaian2 wanita & ketika mereka memakainya keadaannya seperti telanjang".
Yang ini sudah banyak banget di sekitar kita. Sepertinya mereka memakai baju, tapi transparan atau ketat sehingga menampakkan lekuk tubuh mereka. Sama seperti tidak berbapakain.
10-Bulan sabit terlihat besar.
"Di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah menggelembung (membesarnya) bulan sabit." - Riwayat Thabrani.
11-Banyak dusta dan tidak tepat dalam menyampaikan berita.
"Pada akhir zaman akan muncul pembohong2 besar yang datang kepadamu dengan membawa berita-berita yang belum pernah kamu dengar & belum pernah didengar oleh ayah kamu sebelumnya, karena itu jauhkanlah dirimu dari mereka agar mereka tidak menyesatkanmu & memfitnahmu" - Sahih Muslim.
Sudah jelas sekali tanda ini. Saat ini banyak sekali kebohongan di dunia ini, bahkan di  negeri ini. Lihatlah drama di persidangan kasus-kasus korupsi yang beberapa bulan lalu baru berlangsung.
12-Banyak saksi palsu & menyimpan kesaksian yang benar.
"Sesungguhnya sebelum datang nya hari kiamat akan banyak kesaksian palsu dan disembunyikan kesaksian yang benar." - Riwayat Ahmad.
13-Negara Arab menjadi padang rumput & sungai.
"Tidak akan datang hari kiamat sehingga negeri Arab kembali menjadi padang rumput dan sungai-sungai" - Sahih Muslim.
Apakah Negara Arab akan kembali menjadi padang rumput  seperti yang pernah di kisahkan dalam  The Mummy: Scorpion King?
14-Manusia mewarnai rambut di kepalanya dengan warna hitam agar terlihat muda.
"Pada akhir zaman akan muncul suatu kaum yang mencelupi rambut mereka dengan warna hitam seperti 'bulu merpati' yang mereka itu tidak akan mencium bau surga." - Sahih Abu Daud & Nasai.
Haaa .. Anda atau ayah, kakak, teman anda juga ada yang melakukan ini khan?
15-Munculnya gaya hidup mewah dan manja di kalangan umat Islam.
"Bila umatku berjalan dengan sombong dan yang memperlakukan mereka adalah putra-putri raja, putera-puteri Persia dan Romawi, maka orang yang paling buruk akan berkuasa terhadap orang yang paling baik (pilihannya)." - Riwayat Tarmizi, Sahih Abdullah ibnu Umar ra
Itu adalah tanda-tanda kiamat kecil yang disebutkan Nabi dalam berbagai kesempatan. Sedangkan hadis di bawah ini adalah tentang tanda-tanda kiamat besar ketika kiamat sudah begitu dekat.
Dari Hudzaifah bin Asid Al-Ghifari ra. berkata: "Datang kepada kami Rasulullah saw. dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: "Apa yang kamu perbincangkan?". Kami menjawab: "Kami sedang berbicara tentang hari kiamat". Lalu Nabi saw. bersabda: "Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya". Kemudian beliau menyebutkannya: "Asap, Dajjal, binatang, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam alaihissalam, Ya'juj dan Ma'juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia ke Padang Mahsyar mereka ". (HR Muslim).
- See more at: http://berkah2013.blogspot.com/2013/05/15-tanda-tanda-kiamat-kecil-sudah.html#sthash.vhF0k8xR.dpuf
1-Penaklukan Yerusalem.
Dari Auf bin Malik r.a. berkata, Rasulullah saw telah bersabda: "Aku menghitung 6 hal menjelang - hari kiamat." Baginda menyebutkan salah 1 di antaranya, yaitu penaklukan Yerusalem. "- Sahih Bukhari.
2-Zina merajalela.
"Dan tinggallah manusia2 yang buruk, yang seenaknya melakukan persetubuhan seperti himar (keledai). Maka pada zaman mereka inilah kiamat akan datang. "- Sahih Muslim.
Kalau kita baca di banyak media baik cetak maupun elektronik, apalagi di dunia maya, berita tentang perzinahan ini sudah tak terhitung lagi. Bahkan ketika anda sedang membaca artikel ini pun di luar sana sedang banyak terjadi perzinahan… .. Subhanallah!
3-Merajalelanya alat musik.
"Pada akhir zaman akan terjadi longsor, kerusuhan dan perubahan muka. "Ada yang bertanya kepada Rasulullah saw;" Wahai Rasulullah bilakah hal ini terjadi? "Beliau menjawab," Apabila telah merajalela bunyian (musik) dan penyanyi-penyanyi wanita "- Ibnu Majah.
Lihatlah di mana-mana, tanda yang satu ini begitu nyata. Setiap hari selalu ada program dan acara yang diwarnai dengan musik dan penyanyi wanita.
4-Menghias masjid & membanggakannya.
"Di antara tanda-tanda telah dekatnya kiamat ialah manusia bermegahan dalam mendirikan masjid" - Riwayat-Nasai.
5-Munculnya kekejian.
"Tidak akan datang kiamat sehingga banyak perbuatan dan perkataan keji, memutuskan hubungan silaturahim dan sikap yang buruk dalam bertetangga." - Riwayat Ahmad dan Hakim.
6-Banyak orang soleh meninggal dunia.
"Tidak akan datang hari kiamat sehingga Allah mengambil orang-orang yang baik & ahli agama di muka bumi, maka tidak ada yang tinggal padanya kecuali orang2 yang hina dan buruk yang tidak mengetahui yang ma’ruf dan tidak mengingkari kemungkaran" - Riwayat Ahmad.
7-Orang yang hina mendapat posisi terhormat.
"Di antara tanda semakin dekatnya kiamat ialah dunia akan dikuasai oleh Luka 'bin Luka' (orang yang bodoh dan hina). Maka orang yang paling baik ketika itu adalah orang yang beriman yang diapit oleh 2 orang mulia "- Riwayat Thabrani.
8-Mengucapkan salam kepada orang yang dikenalnya saja.
"Sesungguhnya di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah manusia tidak mau mengucapkan salam kepada orang lain kecuali yang dikenalnya saja." - Riwayat Ahmad.
9-Banyak wanita yang berpakaian tapi hakikatnya telanjang.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah lah.a. "Di antara tanda-tanda telah hari kiamat adalah akan muncul pakaian2 wanita & ketika mereka memakainya keadaannya seperti telanjang".
Yang ini sudah banyak banget di sekitar kita. Sepertinya mereka memakai baju, tapi transparan atau ketat sehingga menampakkan lekuk tubuh mereka. Sama seperti tidak berbapakain.
10-Bulan sabit terlihat besar.
"Di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah menggelembung (membesarnya) bulan sabit." - Riwayat Thabrani.
11-Banyak dusta dan tidak tepat dalam menyampaikan berita.
"Pada akhir zaman akan muncul pembohong2 besar yang datang kepadamu dengan membawa berita-berita yang belum pernah kamu dengar & belum pernah didengar oleh ayah kamu sebelumnya, karena itu jauhkanlah dirimu dari mereka agar mereka tidak menyesatkanmu & memfitnahmu" - Sahih Muslim.
Sudah jelas sekali tanda ini. Saat ini banyak sekali kebohongan di dunia ini, bahkan di  negeri ini. Lihatlah drama di persidangan kasus-kasus korupsi yang beberapa bulan lalu baru berlangsung.
12-Banyak saksi palsu & menyimpan kesaksian yang benar.
"Sesungguhnya sebelum datang nya hari kiamat akan banyak kesaksian palsu dan disembunyikan kesaksian yang benar." - Riwayat Ahmad.
13-Negara Arab menjadi padang rumput & sungai.
"Tidak akan datang hari kiamat sehingga negeri Arab kembali menjadi padang rumput dan sungai-sungai" - Sahih Muslim.
Apakah Negara Arab akan kembali menjadi padang rumput  seperti yang pernah di kisahkan dalam  The Mummy: Scorpion King?
14-Manusia mewarnai rambut di kepalanya dengan warna hitam agar terlihat muda.
"Pada akhir zaman akan muncul suatu kaum yang mencelupi rambut mereka dengan warna hitam seperti 'bulu merpati' yang mereka itu tidak akan mencium bau surga." - Sahih Abu Daud & Nasai.
Haaa .. Anda atau ayah, kakak, teman anda juga ada yang melakukan ini khan?
15-Munculnya gaya hidup mewah dan manja di kalangan umat Islam.
"Bila umatku berjalan dengan sombong dan yang memperlakukan mereka adalah putra-putri raja, putera-puteri Persia dan Romawi, maka orang yang paling buruk akan berkuasa terhadap orang yang paling baik (pilihannya)." - Riwayat Tarmizi, Sahih Abdullah ibnu Umar ra
Itu adalah tanda-tanda kiamat kecil yang disebutkan Nabi dalam berbagai kesempatan. Sedangkan hadis di bawah ini adalah tentang tanda-tanda kiamat besar ketika kiamat sudah begitu dekat.
Dari Hudzaifah bin Asid Al-Ghifari ra. berkata: "Datang kepada kami Rasulullah saw. dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: "Apa yang kamu perbincangkan?". Kami menjawab: "Kami sedang berbicara tentang hari kiamat". Lalu Nabi saw. bersabda: "Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya". Kemudian beliau menyebutkannya: "Asap, Dajjal, binatang, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam alaihissalam, Ya'juj dan Ma'juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia ke Padang Mahsyar mereka ". (HR Muslim).
- See more at: http://berkah2013.blogspot.com/2013/05/15-tanda-tanda-kiamat-kecil-sudah.html#sthash.vhF0k8xR.dpuf
15 Tanda-Tanda Kiamat Kecil
15 Tanda-Tanda Kiamat Kecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar